Netizen Tukang Bully

Oke, sesuai judulnya kali ini saya mau bahas soal netizen.

Netizen itu apa sih? Internet citizen alias masyarakat internet, berarti semua pengguna internet di dunia. Wuih, keren ya pasti rame banget itu. Ya, rame, saking ramenya, segala hal dikomentarin, baik yang penting maupun yang nggak penting. Dari semua jenis komentar, yang cukup menyita perhatian saya adalah soal bully-membully, terutama kalau ada yang bikin statement “nyeleneh” yang tak jarang dianggap bodoh oleh para netizen.

Misalkan ada yang bikin statement “bodoh” itu tadi, kira-kira apa yang bakal terjadi? Seperti yang kita tahu, pasti dibully, walaupun kenal juga nggak. Bully saja dulu. Setelah dibully lalu apa yang terjadi? Tentu saja adu argumen berujung kata-kata kasar ala kebun binatang.

Muncul pertanyaan, apakah memang seharusnya begitu? Etis nggak sih yang kayak begitu sebenarnya? Menurut hemat saya sih nggak ya. Beda pendapat itu biasa banget kok. Nabi saja mengajarkan supaya jangan kasar kepada sesama manusia. Ya, walaupun maksudnya cuma mau meluruskan tapi kalau caranya kasar ya siapa yang mau dengerin? Yang ada malah malas duluan. “Dih ini orang gini banget sih ngasih taunya..” kira-kira begitu.

Terus mesti bagaimana dong? Kalau nemu pernyataan aneh atau nyeleneh atau (maaf) bodoh ya sebaiknya kasih tahu baik-baik saja, kalau bisa lewat japri (jalur pribadi) misalnya WA. Minta orangnya untuk hapus postingannya, daripada jadi wadah caci-maki, iya kan? Kalau nggak kenal orangnya dan nggak punya japrinya bagaimana? Ya mending diam saja, berarti Anda nggak berhak komentar ini-itu soal dia. Saling kenal saja nggak, kan?

“Bicara yang baik atau diam”

Jadilah netizen yang baik, hindari bully-bullyan, nggak ada faedahnya.

Sekian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s