Riding Bogor-Jakarta via Ciputat

Oke, pada artikel ini saya mau cerita sedikit tentang perjalanan saya dari Bogor ke Jakarta via Ciputat. Alasan kenapa lewat rute itu karena biasa lewat situ dan belum coba rute via Cibinong hehehe. Rute-nya kurang lebih seperti ini: Jl. Sholeh Iskandar – Parung – Sawangan – Ciputat – Jakarta. Simpel ya.

Pertama mulai dari Jl. Sholeh Iskandar, daerah yang sudah tidak asing bagi saya tentunya karena dekat rumah. Daerah sini juga mungkin banyak yang tahu ya, soalnya tol Sentul tembus ke jalan ini. Alhasil, tiap weekend jadi langganan macet. Dari sini kalau mau ke Parung tinggal lurus ke arah barat lalu di lampu merah dekat Lotte Mart ambil kanan. Di sini perlu sedikit hati-hati karena kontur jalanan yang tidak rata dan lampu merah yang biasanya mati kalau masih pagi buta.

Masuk daerah Kemang, Bogor (bukan yang di Jakarta Selatan), di sini ada beberapa SPBU jadi kalau mau isi bensin bisa di sini. Hati-hati dengan pengendara yang suka nyelonong karena di daerah ini banyak “puteran” atau U-turn. Lalu ke Parung, di sini perlu ekstra hati-hati sama yang namanya angkot. Serius, angkot di daerah ini sering nyebelin. Misalnya tiba-tiba pelan padahal itu jalur cepat. Beberapa kilometer ke depan, ada pasar. Di sini biasanya macet, lagi-lagi gara-gara angkot. Sabar aja, macetnya sebentar kok, hanya sekitar 5 menit saja.

Lurus lagi, masuk ke daerah Sawangan, Depok. Nah di sini kalau lagi sepi enak buat geber motor. Ingat ya, kalau lagi sepi. Di sini bisa 70 km/jam konstan, kalau lagi iseng bisa geber sampai 80 km/jam atau lebih. Jadi kalau lagi buru-buru, ngebutnya di sini aja. Hati-hati dengan speed trap atau polisi tidur yang kecil-kecil tapi ngagetin kalau nggak kelihatan. Satu lagi, tutup saluran air. Kalau ngebut wajib ambil jalur kanan karena di kiri banyak tutup saluran air yang menyembul.

Tripmeter sudah lebih dari 25 km berarti mulai masuk daerah Ciputat, Tangerang Selatan. Wih, keren ya bisa naik motor lewatin 3 propinsi: Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta. Di daerah ini kalau rush hour Senin pagi biasanya macet di sekitar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN). Lumayan panjang macetnya, kalau lagi parah bisa sepanjang 3 km. Jalanan macet begini yang perlu diwaspadai tentu saja waktu menyalip. Kemampuan mengukur celah dan decision making menjadi sangat penting. Inilah seni mengendarai motor, walau kadang ngeselin sih ya hehehe.

Masuk Pondok Pinang, biasanya di sini masih macet juga, maklum rush hour. Tidak terlalu panjang, cuma sampai lampu merah setelah halte busway. Di lampu merah, belok kanan, masuk ke Jl. R. A. Kartini. Di sini biasanya ramai lancar sampai lampu merah Pondok Indah. Lurus lagi, lalu bersiap-siap macet di lampu merah Fatmawati. Di sini panjang antreannya memang nggak wajar. Kalau lagi apes bisa kebagian merah lebih dari 2 kali. Bagaimana tidak, waktu hijaunya cuma 48 detik. Sebentar banget kalau dibanding merahnya yang lebih dari 100 detik.

Selanjutnya, macet lagi bro hehehe. Kali ini di daerah Cilandak Town Square (Citos). Tidak terlalu panjang tapi lumayan juga panasnya karena waktu sudah menunjukkan jam 7 pagi. Lanjut lagi lurus ke arah Kampung Rambutan. Selepas perempatan Ampera, macet lagi. Lewat “puteran” dekat lampu merah lalu macet lagi. Maklum Jakarta :p Setelah belok kiri akhirnya sampai juga ke daerah kostan. Fyuh, lumayan bikin berkeringat. Kalau dihitung-hitung jarak macet yang ditempuh hampir 10 km, wow panjang juga ya ternyata.

Sampai di kost, saya cek tripmeter untuk mengukur jarak perjalanan ternyata pas 45 km. Total waktu perjalanan 1 jam 50 menit. Padahal kalau nggak macet bisa kurang dari sejam lho :p

 

imagePas 45 km

Seru ya berkendara dari Bogor ke Jakarta, yang nggak seru cuma macetnya :)) Nggak apa-apa lah, cuma seminggu sekali ini hehehe.

Mau coba?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s