Ban Berminyak

Ah.. sudah lama tidak membuka blog ini. Sudah lumutan sepertinya.

Kali ini mau share pengalaman seputar ban motor. Jadi begini, beberapa hari lalu saya mengalami kejadian yang lumayan aneh (menurut saya). Waktu itu hari Sabtu sore, cuaca hujan, jalanan basah kuyup. Saya memacu motor di kecepatan sekitar 30-40 km/jam masuk ke tikungan parabolik. Tidak disangka-sangka, ban belakang sliding seperti mau jatuh. Kaget banget kan, padahal nggak ngebut. Ada apa ya?

Sekitar 10 menit kemudian, kejadian serupa terulang lagi. Kali ini di kecepatan sangat rendah, tapi masih sliding juga (??). Saya makin bertanya-tanya ada apa gerangan di ban motor saya. Keesokan harinya, saya coba cek ban motor.

Ternyata, ban belakang berminyak. Cuma bagian pinggir sih, tapi tetap saja bahaya. Pokoknya kalau di jalanan basah nggak bisa miring sedikit aja, bahaya soalnya. Langsung deh saya bersihkan minyaknya pakai tisu sampai kering. Kemudian sore harinya dibawa jalan lagi, dan lagi-lagi cuaca hujan. Tidak ada lagi gejala sliding di ban belakang, berarti benar gara-gara ban berminyak. Hadeuh. Saya heran juga itu minyak asalnya dari mana. Ada yang pernah mengalami seperti ini?

Leave a Reply

